Cara Menstabilkan Jaringan 4G agar Koneksi Internet Lancar

Apakah kalian sering mengalami jaringan 4g di smartphone android tidak stabil dan sering hilang? Atau jaringan 4g tiba-tiba berubah menjadi H+ bahkan Edge? jawabanya adalah iya, jika kalian menemukan artikel ini melalui pencarian google. Apalagi kalian tinggal kampung yang jauh dari jaringan 4g pasti dan sangat berpeluang besar untuk mengalami hal semacam ini.

Memang jaringan 4g pada saat ini telah menjadi andalan, karena banyak ponsel android yang sudah 4g lte yang memungkinkan melakukan koneksi internet lebih cepat. Jika di beberapa tahun yang lalu saya masih ingat 3G atau H+ menjadi jaringan yang sangat diandalkan, mungkin tahun ini adalah zaman keemasan 4g lte namun tidak dimungkinkan dimasa yang akan mendatang ada jaringan yang lebih tinggi lagi.
Cara Agar Sinyal HP Android Selalu  4G LTE  dan Stabil all operator (Telkomsel, XL, Indosat, Axis, Three)

Jika kita tinggal di kampung atau desa yang jaraknya jauh dari perkotan biasanya mengalami jaringan 4g yang sering berubah menjadi H+,3G,Edge bahkan hilang mendadak membuat kita jengkel apalagi ketika kita sedang bener-bener butuh jaringan tersebut.

Nah karena itulah saya akan membagikan sedikit tips yang saya ketahui dan juga ada yang saya peroleh dari google agar jaringan ponsel android selalu 4g stabil untuk semua operator baik itu Telkomsel, XL, Axis, Indosat, Three. Yang mana tips tersebut insyaallah akan sedikit membantu.

Cara Menstabilkan Jaringan Agar Sinyal HP Android Selalu  4G LTE 

ada beberapa cara menstabilkan  jaringan 4g agar bisa dan berpeluang full bar, namun cara yang saya bagikan ini merupakan tips sehingga percobaan harus dilakukan dengan baik agar bisa work. berikut tipsnya:

# Dengan Lock 4G LTE only


Fitur ini tersedia di smartphone android terutama yang sudah support 4g lte yang mana berfungsi mengunci jaringan agar ponsel kalian hanya akan menerima jaringan yang berbasis 4g saja. Untuk cara mengaktifkanya juga sangat  mudah dan saya akan memberikan 2 cara mengaktifkan lock 4G LTE only :

Cara pertama :
Masuk pengaturan >> kamudian cari pengaturan jaringan (jaringan) >> pilih sim yang akan di lock 4g aktifkan hanya 4G. Cara ini sedikit berbeda-beda di setiap jenis ponselnya namun pada intinya sama yaitu melalui pengaturan SIM.

Cara kedua :
Sebenarnya cara pertama diatas saya rasa kurang maksimal, bagi yang tidak berhasil dengan cara pertama silahkan pakai cara kedua berikut ini
  • Tekan tombol dial up *#*#4636#*#* di menu panggilan jika tidak bisa masuk gunakan aplikasi 4G LTE switcher
  • Setelah itu kalian pilih menu information 1 (jika kalian ingin lock 4g di SIM 1)
  • Gulir kebawah hingga ada menu Setel jenis jaringan yang disukai
  • Pilih LTE Only


Namun cara di atas memiliki kekurangan jika ponsel dimatikan atau di restart maka akan kembali ke pengaturan biasanya. Jadi setelah mematikan ponsel agar bisa lock 4G lagi, maka lakukan lagi cara di atas.

dengan teknik hanya jaringan 4g saja maka sinyal yang didapat hanya 4g dan tidak mau jika menangkap sinyal lainya baik Edge maupun H+ dan yang penting pastikan tempat kalian sudah terjangkau jaringan 4g.

jika kamu pengguna hp android dengan merek Samsung, bisa coba cara lock jaringan 4g samsung

# Coba Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal


Sebenarnya cara ini sudah saya posting di artikel sebelumnya yang berjudul aplikasi penguat sinyal 4g terbaik. Namun tips yang kedua ini untuk work tidaknya hanya kalian sendiri yang menilainya setelah mencoba.

Meskipun tips yang ke dua ini sebenarnya tidak se-populer tips yang pertama bisa jadi dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal jaringan 4g di ponsel kalian lebih bagus bahkan dapat 4G full dengan baik tergantung faktor keberuntungan.

dan biasanya aplikasi penguat sinyal 4g ini akan berfungsi sebagai ping untuk lebih jelasnya silahkan baca tentang artikel aplikasi penguat sinyal yang saya share linknya di atas.


# Restart HP


dengan merestrat hp bisa jadi kamu mendapatkan sinyal 4g yang lebih baik. namun sebelum me-restart hp alangkah baiknya jika kalian menghidupkan mode pesawat kemudian menonaktifkan kembali, jika memang masih tidak bekerja coba restart hp kamu.

meskipun caranya sederhana namun tips ini sangatlah ampuh dan layak di coba. untuk cara merestart hp saya kira kamu sudah tahu langkah-langkahmya jadi saya tidak akan membahas secara detail dan hanya menginformasikanya saja.


# Pastikan Kartu SIM dan HP support 4G


cara ini sebenarnya adalah pengecekan yang sangat penting. percuma jika ditempat kalian sudah terjangkau jaringan 4g namun salah satu dari ketiga hal diatas ternyata belum support 4G.

cek kembali apakah kartu sim sudah support 4g dan cek apakah spesifikasi hp juga sudah 4g, jika belum maka percuma kalian membaca artikel saya ini. hehe

untuk mengecek hp kamu sudah 4g atau belum, bisa baca artikel tentang cara mengetahui spesifikasi hp android semua merek di blog ini

Keberhasilan Cara Agar Sinyal HP Android Selalu  4G LTE  dan Stabil merupakan bonus, sedangkan tugas kalian adalah dengan mencoba dan berusahanya. Dan jika kalian mempunya tips agar 4g stabil silahkan postingkan komentarmu di bawah ini.

LihatTutupKomentar