2 Cara Melihat spesifikasi komputer/Laptop windows 7,8,10

Mengecek spesifikasi komputer merupakan hal yang cukup penting bagi orang yang baru atau sudah lama menggunakan komputer walaupun dia bukan teknisi, karena berbagai faktor salah satunya adalah faktof kebutuhan saat perakitan.

Dengan berbagai jenis kebutuhan pastinya berbeda pula spesifikasi komputer yang diperlukan sehingga akan lebih efektif dalam pengeluaran biaya pastinya.

Misalnya saja, jika ingin komputer yang hanya untuk mengetik ms word, excel, power point dan browsing saja maka hanya memerlukan komputer dengan spesifikasi yang sedang bahkan rendah.

namun berbeda jika komputer ingin digunakan sebagai design grafis, video editing, photoshop maka memerlukan komputer dengan spesifikasi  yang agak tinggi.

2 Cara Melihat spesifikasi komputer/Laptop windows 7,8,10


Namun ada juga orang yang hanya membeli komputer hanya buat pekerjaan sederhana seperti yang saya jelaskan diatas tidak tahu spesifikasi komputer mereka atau bisa di bilang hanya membeli yang sudah tinggal pakai tanpa merakitnya.

Maka dari itu mengecek dan mengetahui spesifikasi dari komputer yang kita miliki sebenarnya cukup bahkan sangat penting, sehingga ketika kita ingin menggunakan untuk pekerjaan yang lebih berat kita tetap bisa membatasinya.

Mengecek spesifikasi komputer sebenarnya untuk mengetahui RAM terinstall, GPU, VGA, CPU dan versi windows yang sedang dipakai serta komponen lainya. selain itu sobat juga harus cek komponen lainya secara detail seperti hardisk. silahkan baca Aplikasi Cek HDD Komputer

Cara Melihat spesifikasi Laptop/komputer


Secara Manual Mengunakan dxdiag


Cara termudah untuk melihat spek komputer yang pertama adalah menggunakan dxdiag, yang mana hanya dengan menekan beberapa tombol saja kalian akan bisa mengetahui spek laptop atau komputer kalian. Lalu bagaimana caranya mengetahui spek laptop melalui dxdiag?

  • Pertama kalian tekan Windows + R pada keyboard kalian
  • Maka akan muncul dialog seperti dibawah ini 
    Mengunakan dxdiag
  • Ketikkan tulisan dxdiag seperti gambar diatas
  • Klik ok, maka kalian akan melihat spesifikasi laptop kalian
    Mengunakan dxdiag 2


Untuk mengetahui spek lainya tinggal kalian klik sebelahnya di menu display, sound 1, sound 2, input

Menggunakan CPU-Z


Cpu-z merupakan software untuk melihat spek laptop yang masih menjadi andalan sampai saat ini, karena ukuranya yang kecil dan juga gratis. Kalau menurut saya dengan software cpu-z ini kamu bisa melihat spek laptop kalian lebih detail dari cara yang pertama yaitu menggunakan dxdiag.

lalu bagaimana caranya cek spek komputer dengan Cpu-z?
  • silahkan kalian unduh aplikasi Cpu-z untuk komputer 
  • Instal aplikasi tersebut
  • Kemudian buka
  • Kalian akan langsung melihat spek seperti gambar berikut
    Menggunakan CPU-Z
  • Kalian tinggal klik, berdasarkan kategori untuk melihat ram, cpu, dan lainya. 

melihat spek laptop dengan cpu-z sebenarnya lebih simple penggunaanya namun lebih detail seperti yang saya jelaskan tadi diatas. kalian bisa cek sesuai kategori yang diinginkan seperti pada gambar diatas.

Melihat spek laptop memang sangat penting agar kita bisa berancang-ancang ketika ingin menginstall sesuatu apalagi aplikasi yang berat agar nantinya komputer kita tidak ngehang apalagi mati gara-gara tidak kuat. Selamat bertugas hehe.


LihatTutupKomentar