5 Hal yang Perlu di Perhatikan Ketika akan Melakukan Hard Reset pada Android

Pada smartphone android biasanya kita telah di bekali pengaturan pengaturan yang cukup lengkap sehingga mempermudah penggunaan dan tentunya kenyamanan, namun terkadang kita membuat pengaturan pada android tersebut tidak nyaman dikarenakan kurangnya pengetahuan teknologi sehingga memerlukan kembali ke pengaturan awal atau hard reset.

Hard reset atau kembali ke pengaturan pabrik merupakan hal yang cukup memerlukan pertimbangan , karena melakukan hard reset akan menghapus data game ,aplikasi bahkan akun yang tersimpan dalam ponsel android.

Namun hard reset terkadang menjadi pilihan terakhir ketika smartphone android mengalami kendala.

ALASAN UMUM MENGAPA HP HARUS DI RESET

Berikut ini merupakan alasan yang paling umum kenapa user android melakukan hard reset pada smartphone mereka, diantaranya:

  • Android sering ngelag
  • Aplikasi sering berhenti tiba tiba
  • Android sering hang dan lemot
  • Tiba tiba memori internal menyusut padahal baru menginstall beberapa aplikasi saja
  • Faktor lain
Faktor diatas merupakan beberapa hal yang menjadikan beberapa orang melakukan hard reset pada android, namun sebelum melakukan hard reset pada android perlu di perhatikan hal sebagai berikut

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MELAKUKAN HARD RESET

Sebelum melakukan hard reset pastikan kamu sudah melakukan tips berikut ini agar tidak menyesal dikemudian harinya.

1 . Pastikan kamu melepas kartu memori dan sim card

Untuk pelepasan sim card sebenarnya saya tida terlalu faham hanya untuk jaga jaga  namun untuk masalah pelepasan kartu memorilah yang seharusnya dilepas.

Karena biasanya  ketika melakukan hard reset semua data termasuk foto video dan file yanng ada pada kertu memori akan terhapus semuanya maka kartu memori lebih baik dilepas.

2. Usahakan untuk membackup data penting

Biasanya ketika kita melakukan hard reset, tentunya data data seperti game ,aplikasi bahkan chat whatsapp pun iku terhapus dan merupakan hal yang tidak diinginkan , maka lakukanlah backup seperti menghubungkan game dengan akun google play games agar kita tidak mengulang game yang kita mainkan. 

Namun lelemahanya adalah hanya game tertentu yang dapat dihubungkan dengan google plays games seperti clash of clans dan beberapa gamelainya
Untuk chat whatsapp kamu bisa backup data dengan menyandingkan google drive.


3. Usahakan kamu masih bisa akses akun yang  tersimpan

Nah ini biasanya yang paling susah untuk di lakukan, karena biasanya pengguna smartphone hanya membuat akun untuk satu kepentingan bukan untuk beberapa kepentingan.

Banyak yang membuat akun gmail hanya untuk mendownload di playstore,mendaftar facebook,twitter namun  kemudian mereka lupa dengan password emailnya sehingga ketika harus login kembali derngan akun mereka tidak bisa.

Maka dari itu pastikan kamu tidak lupa derngan email dan password.


4. usahakan baterai dalam keadaan 50% keatas

Biasanya ketika kita akan melakukan hard reset terdapat notifikasi yang mengharuskan daya baterai lebih dari 50%, hal ini sangat wajar karena sering sekali ketika smartphone sedang proses hard reset memakan waktu yang cukup lama.

Maka dari itu usahakan bateranya lebih dari 50% agar proses lancar.


5. ketahui dampak setelah melakukan hard reset

Jika kamu telah membaca artikel diatas dengan seksama mungkin kamu telah mengetahi manfaat dan resiko setelah melakukan hard reset.

Mungkin manfaat hard reset dan dampaknya perlu kamu perhatikan sebelum kamu melakukannya. Selamat mencoba, dan perlu di ingat.

Do with your own risk, kamu melakukanya sendiri dan juga itu menjadi reikomu sendiri. Admin tidak bertanggung jawab


LihatTutupKomentar