Keuntungan dan Resiko Mengganti Stockrom Menjadi Custom Rom pada Android

Ketika kita perhatikan, sistem android mempunyai tampilan dan menu yang berbeda beda,
Bahkan setiap smartphone android memiliki kegunaan yang cukup bervariasi dalam kinerjanya.
Hal ini dikarenakan pada android terdapat  ROM. ROM atau  (Read Only Memory) merupakan tempat penyimpanan system data dan file pemrogaman dari sebuah operating sistem untuk lebih jelasnya kalian bisa baca di google.

Beberapa custom rom yang cukup banyak diminati diantaranya CyanogenMod,MIUI,AOSP dan masih banyak lagi. dan setiap rom memiliki keunggulan masing-masing.


manfaat dan kerugian mengganti custom rom


Firmware atau stockrom merupakan sistem bawaan android yang biasanya kita jumpai pada smartphone baru atau tepatnya ketika smartphone tersebut belum diganti rom nya.
Sedangkan custom rom merupakan sistem android dari pihak ketiga atau bukan system asli pada ponsel ketika pertama kali membelinya.

Beberapa dari user android ada yang sangat memperhatikan performa ponsel mereka sehingga terkadang mereka melakukan penggantian custom rom, lalu apakah keuntungan dan resiko mengganti custom rom?

Keuntungan mengganti custom rom


1. meningkatkan fitur smartphone


Fitur yang saya maksud disini ada fitur dari system,bukan fitur yang ada diluar system.
Misal sebelumnya smartphone sobat belum bisa memindahkan aplikasi ke kartu memori,setelah mengganti rom yang cocok anda bisa memindahkanya ake kartu memori.

2. mengupgrade versi android


Memang pada perangkat android dengan stockrom atau rom bawaan biasanya telah didukubg fitur upgrade OS,namun terkadang ps yang diinginkan kurang nyaman dan lebih simple jika langsung mengganti cusrom yang sesuai.

3. membuat tampilan lebih menarik


Selain dua hal diatas , hal yang cukup diinginkan ketika mengganti custom rom adalah mengganti tampilan keseluruhan android agar terlihat lebih cantik dan tidak membosankan .

4. Lebih user friendly


Nah dengan menggan ti custom rom kita bisa nyaman dengan penggunaannya dikarenakan sesuai dengan tujuan agar user friendly
Setelah melihat kelebihan dan manfaat mengganti custom rom diatas saatnya kita melihat kekurangan dan resikonya.


Resiko atau kerugian mengganti custom rom



1. Garansi Hilang


Mengganti custom rom tentu saja menghilangkan garansi pabrik karena sebelum mengganti cusrom diharuskan untuk melakukan root,sedangkan melakukan rooting akan menghilangkan garansi pabrik.Nah poin pertama ini sangat disayangkan apalagi smartphone masih baru.

2. Terdapat Bug


Biasanya ketika kita mengganti cusrom,akan menemukan kecacatan pada system. Namun biasanya diforum bug ini masih bisa diatasi.

3. memperpendek usia smarphone


Dengan mengganti cusrom,resikocepat rusak menjadi hal yang sering terjadi,

4. tidak mendapat dukungan dari pihak produsen smartphone


Dengan mengganti custom rom tentu anda aka kehilangan dukunggaan dari developer asli.


Nah itu artikel tentang manfaat dan kekurangan mengganti custom rom, setelah membaca artikel diatas mungkin anda akan berpikir dua kali untuk mengganti custom rom smartphone, meskipun mempunyai resiko yang tinggi namun demikian mengganti cusrom smartphone tentunya mempunya maanfaat yang besar.

LihatTutupKomentar