Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Masih Sedikit Atau Kosong

Cara mengatasi memori internal Android Penuh padahal aplikasi masih sedikit atau kosong - Paling sebel ketika muncul peringatan “memori penyimpanan android penuh kosongkan sebagian ruang” padahal aplikasinya Cuma sedikit bahkan terkadang aplikasnya tidak adak satupun yang diinstal kecuali aplikasi bawaan namun tetap saja muncul peringatan tersebut.

sehingga hal di atas sangat membingungkan terlebih lagi bagi orang awam yang masih gaptek, sehingga muncul pertanyaan Mengapa ini bisa terjadi? Apa salahku? Lalu bagaimana agar bisa seperti yang dulu? Ealah, malah jadi curhat ...

cara mengatasi memori penyimpanan internal penuh
gambar diambil dari google 

Oke kita kembali ke topik utama kita yaitu cara mengatasi memori penyimpanan internal android penuh, namun sebelum kita mengatasinya mungkin akan lebih baik jika saya tulis dulu penyebab-penyebabnya agar dikemudian hari kalian bisa lebih berhati hati.

kenapa memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit

beberapa sub judul diatas mungkin menjadi alasan kenapa anda harus baca artikel ini dengan seksama, berikut faktornya:

  • Banyaknya aplikasi/game yang diinstall
  • Aplikasi atau game tidak di pindah di SD Card
  • Menumpuknya chache
  • Faktor ketamvanan (abaikan yang ini)


Nah faktor faktor diatas merupakan spekulasi dari munculnya peringatan tidak mengenakan yaitu penyimpanan memori internal hampir penuh , nah sekarang jika kalian sudah faham tentu kalian akan menghindari mendownload game besar, namun terkadang ketika kita sudah meng-Uninstall aplikasi dan game tersebut sampai tak ada satupun aplikasi dan game yang tersisa kecuali aplikasi bawaan, tetap muncul peringatan memori internal penuh.

namun di kasus lain saya pernah menemukan di forum dengan topik "Kenapa memori internal hp saya tidak terbaca full, dari 8 GB hanya 4GB yang terbaca?" sehingga ini akan memunculkan stigma bahwa memori internal tidak sesuai spesifikasi.


Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi memori penyimpanan internal penuh padahal aplikasi dan game sudah sedikit bahkan kosong :



# Cek Spesifikasi Smartphone


mengapa saya menyuruh kalian mengecek spesifikasi smartphone? jawabanya karena setiap smartphone memiliki besar penyimpanan memori internal yang berbeda-beda. 

untuk cara mengecek spesifikasi memoeri internal smartphone kalian bisa mmelihatnya dengan masuk pengaturan kemudian pilih tentang ponsel (about phone) atau bisa juga dengan mengetikkan di google dengan keyword "spesifikasi (merk ponsel kalian)".

pada kasus yang saya temukan di forum seperti yang telah saya paparkan di atas tentang pertanyaan "Kenapa memori internal hp saya tdk terbaca full, dari 8 GB hanya 4GB yang terbaca?"
jawabanya adalah karena yang setengahnya di buat untuk menyimpan file bawaan perusahaan seperti system dan lainya, maka ini adalah hal wajar.

# Menghapus File Sampah dan Cache


Terkadang ketika kita baru menguninstall aplikasi dan game,file sampah dan cache bisa jadi tidak terhapus sehingga jika menumpuk maka akan menyebabkan memori penyimpanan penuh. Cache ini merupakan sisa aplikasi yang dulu pernah kita install sehingga kita sering sekali tidak memperhatikanya, maka sampah sejenis cache ini perlu kita hapus.

Ada dua cara menghapus file cache ini.

Cara pertama : masuk pengaturan => pilih manajer aplikasi => pilih aplikasi yang ingin kalian hapus cache nya => scrol kebawah dan klik hapus cache.
Namun tips di atas hanya berlaku jika game dan aplikasi masih terpasang, jika sudah kalian uninstall anda harus pakai cara kedua.

Cara kedua : download aplikasi CleanIT di playstore => Jalankan aplikasinya => hapus file sampah. 
cara ini sangat ampuh terutama untuk mengosongkan memori internal di android, karena banyak file sampah yang tidak terdeteksi langsung apalagi android masih dalam keadaan no root. namun kalian bisa menggunakan aplikasi lainya jika kurang cocok dengan cleanit seperti artikel saya yang satu ini : aplikasi pembersih android terbaik 


# Memindahkan aplikasi ke memori Card (Kartu Memori)



Nah penyebab kedua ini hanya berlaku jika smartphone anda mendukung fitur pemindahan apps ke memori card, karena di beberapa ponsel android ada beberapa yang tidak mendukung fitur ini alias apps harus ada di penyimpanan inernal.


Lalu bagaimana cara memindahkan apps ke penyimpanan SD Card? 
Caranya cukup mudah yaitu : masuk pengaturan => manajer aplikasi => piilih aplikasi yang mau dipindahkan => pilih “pindahkan ke Kartu Memori”
Cara ini tergolong cukup ampuh dan sudah saya buktikan.

cara ini tergolong alternatif dari tips mengatasi memori penyimpanan penuh tanpa menghapus aplikasi android, yaitu dengan memindahkanya.


# Melakukan hard reset


Cara ini tergong cara yang paling paling ampuh, yaitu melakukan hard reset. Hard reset sendiri ialah melakukan pengaturan kembali ke pabrik sehingga semua file yang ada di smartphone tersebut akan terhapus dan hilang bahkan sampai akun akunya.
Maka sebelum melakukan hard reset kalian perlu membaca artikel ini 5 Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan hard reset


Nah itulah postingan saya tentang cara mengatasi memori internal penuh padahal aplikasi sedikit, kosong, semoga bermanfaat dan memberikan pembelajaran yang baik bagi kalian semua.
LihatTutupKomentar