Suka HP Seken? Berikut Tips Membeli Smartphone Android Bekas Agar Aman

Tips Membeli smartphone bekas android – pernahkah kalian berpikir untuk membeli smartphone dengan harga yang jauh lebih murah di banding harga smarthphone pada umumnya.?
Jika pernah mungkin solusinya adalah membeli smartphone bekas atau seken.

Smartphone bekas atau seken biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah dari harga smartphone baru walaupun sebenarnya smartphone tersebut masih normal, hanya lecet pemakaian. Hal ini biasanya disebabkan karena mesin yang sudah terpakai akan di cap sebagai barang seken walaupun baru sebentar.
 
Tips Membeli Smartphone Android Bekas
Meskipun smartphone android bekas kini banyak dijual di pasaran namun tak memungkin kan ada beberapa orang nakal yang memungkinkan untuk menjual smartphone seken mereka dalam keadaan minus (rusak, cacat) tanpa memberitahukan kecacatanya, dan saya menganggap hal ini adalah semacam kecurangan.

Maka dari itu sebelum kalian membeli smartphone android bekas ada baiknya kalian teliti dan berhati-hati, sehingga akan meminimalisir tindakan penipuan. Berikut Tips Membeli Smartphone Andoid Bekas

1. Kenali Smartphone yang ingin kalian beli

Poin pertama sebelum kalian membeli smartphone bekas ialah harus mengenali smartphone yang diinginkan, misa seperti spesifikasi harga, spesifikasi Os, sepesifikasi kamera dan yang lainya. 

Karena dengan mengenali smartphone yang ingin kalian beli maka akan mengurangi resiko kekecewaan setelah pembelian. Dengan mengenali sepesifikasi smartphone tersebut kalian akan lebih fokus terhadap satu barang saja.

Namun mungkin ada beberapa calon pembeli yang hanya menargetkan “yang terpenting murah dan awet” sehingga tidak memfokuskan tentang merk dan type smartphone, misal ada seseorang yang ingin  membeli smartphone terserah mereknya apa yang penting harga 1 jutaan dan ram sudah 2 GB. Maka di poin ini pembeli harus cek sedetail mungkin.

1. Beli Lewat jalur yang terpercaya

Jika kalian ingin membeli smartphone bekas ada baiknya untuk membeli di daerah kalian masing-masing yang biasanya tersedia di forum jual beli yang ada di grup facebook dan socmed sejenisnya. 

Alasan mengapa harus membeli smartphone di sekitar lokasi saja adalah agar kita bisa COD sehingga bisa meminimalisasikan tindakan penipuan.

Meskipun lewat jalur online NON COD lebih menggiurkan dan lebih mudah dilakukan, namun membeli smartphone bekas dengan cara ini tidak saya sarankan karena sangat rawan sekali penipuan dan kecacatan baranh sehingga kalian bisa kecewa. 

Jika kalian tetap memilih metode ini ada baiknya kalian mencari situs yang terpercaya.

2. Cek Kondisi Smartphone

Kalau ini adalah hal yang perlu diperhatikan ketika membeli smartphone bekas via COD atau ketemuan langsung. 

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa kecurangan bisa saja terjadi ketika sorang penjual menyembunyikan kecacatan smartphone, maka cara untuk menghondarinya adalah dengan mengecek kondisinya, lalu apasajakah yang perlu di cek?
  • Layar LCD, Layar merupakan salahsatu komponen yang sangat rentan, maka dari itu cek layar LCD apakah masih normal atau sudah agak bermasalah.
  • Kondisi batre, Kondisi batre juga perlu di perhatikan, maksudnya daya batre apakah masih normal atau sudah dalam kondisi drop.
  • Charger, Sebelum berangka COD pastikan kalian membawa powerbank untuk melakukan test pada charger atau USB, karena charger pada android juga bisa saja dalam kondisi rusak.
  • Speaker, Coba kalian memutar file berformat mp3 atau play video, perhatikan suaranya apakah masih mulus atau sudah agak pecah.
  • Sinyal, Android juga bisa mengalami kerusakan di sinyal, maka dari itu jika kalian ingin COD pastingan berada di tempat yang ada sinyal, pasang simcard yang ingin kalian beli lalu cek sinyalnya.

Tips mengecek di atas hanya sebagian kecil saja, untuk mengetes yang lainya kalian coba sendiri sesuai pengetahuan.

3. Tawar Harga Semurah Mungkin

Membeli smartphone bekas tentunya berbeda dengan membeli smartphone di toko yang susah di tawar atau bahkan tidak bisa di tawar sama sekali, sehingga menawar akan lebih menguntungkan si pembeli apalagi jika kalian jago dalm urusan ini pasti harga akan menjadi lebih murah. 

Namun untuk urusan tawar menawar juga harus ada etikanya agar tidak menimbulkan kesalah pahaman.

Tips diatas merupakan artikel sederhana yang membahas tentang hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli smartphone seken, semoga bisa bermanfaat.
LihatTutupKomentar