2 Cara Mengetahui Password Wifi Tersimpan atau Sudah Pernah Konek di Android

Bagaimana cara mengetahui password wifi yang tersimpan di android? pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan oleh orang yang mudah lupa, apalagi tentang password wifi yang kebutuhanya hanya sekali memasukkanya satu kali saja.

bagi sobat yang sudah pernah mengkoneksikan androidnya dengan wifi namun lupa dengan password wifi yang bersangkutan artikel ini mungkin sedikit membantu untuk mengatasi permasalahan sobat.

Pada dasarnya smartphone android merupakan perangkat lunak yang sangat mantap untuk berselancar ria dengan menggunakan konektifitas wifi yang banyak menjadi andalan setiap orang karena biasanya irit kuota.

Namun kebanyakan konektivitas wifi diberi password oleh sang pemilik jaringan wifi tersebut sehingga kita perlu menanyakan password tersebut. Kemudian setelah selesai mendapatkan passwordnya ketika kita menekan “Lupakan/forgot” baik disengaja maupun tak sengaja pada wifi tersebut maka akan disuruh memasukkan password lagi.

Cara Mengetahui Password Wifi

Nah inilah yang menjadi masalah, karena terkadang kita lupa pada password wifi tersebut sehingga kita harus menggunakan “cara mengetahui password wifi yang sudah pernah konek di android” dengan berbagai cara yang kalian anggap mudah.

Namun perlu diketahui ya, disini saya tidak akan membahas atau memberikan cara menghack/membobol wifi secara ilegal ya gaes, saya hanya akan memberikan trik mengetahui password wifi yang pernah konek di android kalian secara legal saja jadi cara yang saya bagikan tidak ada kaitanya dengan tindakan ilegal.

2 Cara Mengetahui Password Wifi Tersimpan atau Sudah Pernah Connect di Android

ada dua cara yang menurut saya paling simpel, namun yang saya gunakan adalah menggunakan Es File Explorer di banding dengan cara yang ke dua karena lebih simpel dan sudah terbukti work

# Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Bisa dikatakan untuk menggunakan aplikasi file penjelajah ini menggunakan teknik yang cukup membingungkan bagi orang awam karena akan masuk ke file system, namun saya akan encoba menjelaskan dengan bahasa saya sendiri. Berikut caranya :
  • Instal aplikasi ES File Explorer/Penjelajah melalui Link ini : ES File Explorer UpTodown
  • Setelah selesai menginstal, Buka aplikasinya
  • Setelah itu masuk ke folder data>misc>wifi
  • Kemudian buka file wpa_supplicant.conf dengan html viewer atau sejenisnya, ingat hanya buka saja jangan di ubah-ubah karena ini bisa merusak system
  • Setelah itu disana kalian akan menemukan wifi dan password tersimpan
  • Note : Jika kalian tidak menemukan file wpa_supplicant.conf, kalian bisa langsung mencarinya lewat tombol search
perlu diketahui bahwa aplikasi ES File Explorer sangat penting selain digunakan sebagai hal diatas bisa juga untuk hal lainya, tetap simpan aplikasi tersebut.


# Menggunakan Aplikasi Wifi Password Recovery (root)


Menggunakan Aplikasi Wifi Password Recovery (root)

Perlu diingat aplikasi ini bukanlah aplikasi pembobol wifi secara ilegal, namun seperti yang saya jelaskan di atas bahwa aplikasi ini termasuk dalam aplikasi yang bisa membantu mengetahui password wifi yang tersimpan atau pernah terkoneksi di smartphone sobat.

Namun aplikasi ini membutuhkan akses root sehingga jika ponsel kalian belum di root maka harus melakukan rooting terlebih dahulu, jika tidak mau yang root maka coba gunakan cara pertama yang sudah saya tulis diatas.

Apikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali di playstore dan menurut diskripsi aplikasi wifi password recovery sangat mudah di gunakan. Oke kita bahas cara penggunaanya :
  • Instal aplikasi wifi password recovery via Playstore 
  • Buka dan jalankan
  • Gunakan wifi password recovery
  • Aplikasi ini akan meminta akses root superuser
  • Scan wifi atau recover tersimpan (mungkin tampilanya sedikit berbeda)



Perlu saya ingatkan kembali bahwa tips diatas adalah solusi bagi kalian yang ingin mengetahui password wifi yang tersimpan di android atau bisa di bilang pernah connect di smartphone android kalian. Pastikan kalian sudah mendapatkan izin untuk menggunakan wifi dari sang pemilik dan jangan di gunakan untuk hal yang negatif dan ilegal.

Jika ternyata password wifi sudah kelihatan namun gagal untuk mengkoneksikanya alias wrong password, kemungkinan terbesar adalah pemilik hotspot sidah menggantinya. segera tanyakan

LihatTutupKomentar