Cara dan Solusi Aman Menghapus Aplikasi Bawaan Android (bloatware) yang Mengganggu


Aplikasi bawaan di android atau yang biasa dikenal dengan bloatware merupakan aplikasi yang terpasang sejak kita membeli smartphone pertama kalinya dalam kondisi baru yang artinya bisa jadi kita sendiri tidak menginginkan aplikasi tersebut.

Terlebih aplikasi tersebut bisa membuat ponsel menjadi berat meskipun kita sudah mencoba mengosongkan ram dikarenakan aplikasi bawaan yang tidak bisa diapa-apakan dan juga tidak bisa di hapus dengan cara yang biasa.

cara hapus aplikasi bawaan

Hal tersebut sebenarnya tidak terlalu bermasalah jika ponsel yang kita miliki mempunyai spek yang tinggi minimal dengan penyimpanan internal 4GB, namun untuk smartphone spek rendah maka hal tersebut akan menjadi sebuah kendala.

Oleh sebab itu saya akan membagikan sebuah tips dan solusi aman untuk mengatasi aplikasi android bawaan atau bloatware yang mengganggu, sehingga akan lebih memperloggar penyimpanan dan lebih sedikit memakan RAM sehingga ponsel tetap bekerja dengan normal atau bisa dibilang tidak lemot.

Tips dan Solusi Aman Mengatasi Bloatware atau Aplikasi Bawaan


# NonAktifkan Aplikasi


Sebenarnya trik ini adalah cara yang paling aman untuk mengatasi aplikasi bawaan hp android yang tidak digunakan, namun memiliki kekurangan yaitu tidak akan menghapus aplikasinya secara langsung. Sehingga tips ini bisa disebut mematikan aplikasi yang tidak diinginkan di ponsel androidmu.

Dengan menonaktifkan aplikasi bawaan android atau bloatware, smartphone kalian akan lebih ringan karena aplikasi yang bekerja di latar belakang yang selama ini menghabiskan ram akan diberhentikan dengan cara ini.

Lalu bagaimanakan menonaktifkan aplikasi bawaan android?

  • Masuk pengaturan
  • Pengaturan aplikasi
  • Pilih aplikasi yang diinginkan
  • Cari nonaktifkan
  • Jika tidak ada maka pilih hentikan secara paksa



Cara tersebut mungkin sudah cukup guna mengatasi bloatware yang sangat menggangu, namun tetap saja aplikasinya masih dalam penyimpanan internal, maka dari itu lanjut ke cara berikutnya jika kamu kurang puas dengan cara yang pertama ini.

# Dengan System App Remover


Dengan System App Remover

System App Remover merupakan software dengan tools yang cukup lengkap salah satunya bisa menghapus aplikasi bawaan android atau bloatware. Namun jika ingin menggunakan aplikasi ini smartphone kalian harus dalam kondisi root, sehingga bisa di simpulkan bahwa aplikasi ini tidak akan bekerja pada android yang belum root.

Meskipun cara ini sangat ampuh, namun saya tidak merekomendasikanya karena membutuhkan akses root sehingga jika terjadi kerusakan pada smartphone android kalian saya tidak bertanggung jawab.
Cara hapus bloatware melalui system app remover:
  • Unduh aplikasi system app remover 
  • Buka aplikasinya
  • Nanti jika aplikasi ini meminta izinkan akses root pilih ok
  • Setelah mengizinkan kalian bisa memilih aplikasi yang ingin di hapus
  • Hapus aplikasi yang diinginkan, bisa juga menghapus beberapa aplikasi dalam satu klik
  • Setelah berhasil menghapusnya reboot ponsel kalian

Kurang lebih tahapnya seperti yang saya jelaskan di atas, namun mungkin agak sedikit berbeda yang penting jika kalian sudah download aplikasi system app remover kemudian mempraktekanya kalian akan faham sendiri.


Solusi dan cara menghapus atau menonakifkan aplikasi bawaan di android memang beragam, ada yang hanya menonaktifkanya saja ada pula yang menghapusnya secara permanen. Persamaan dari manfaat kedua solusi diatas adalah sama-sama bisa mengurangi penggunaan RAM di latar belakang sehingga membantu dalam proses mengosongkan ram. Namun dari segi perbedaan adalah yang pertama tidak membantu melegakan memori internal sedangkan cara yang kedua sebaliknya.

LihatTutupKomentar