Cara Mengosongkan RAM Android Tanpa Root Secara Aman


Apakah kalian pernah mengalami android yang sering macet gara-gara ram ponsel yang kecil sehingga cepat penuh? Jika iya cara yang sangat tepat adalah dengan mengosongkan RAM.

Mengosongkan ram yang penuh termasuk salah satu cara jitu guna mengatasi android lemot, karena RAM merupakan hardware yang sangat penting dalam peran kinerja smartphone android.

Jika di komputer untuk mengatasi ram cepat penuh dengan mengupgrade ram nya alias menambah kapasitas ram, namun pada ponsel android tidak bisa menambah ram eksternal, sehingga pada postingan di beberapa bulan yang lalu saya membahas artikel dengan judul solusi android tidak bisa menambah ram.
Cara Mengosongkan RAM Android yang Penuh

Mengosongkan RAM di ponsel android yang penuh selain, mengatasi macet dan lemot sebenarnya juga memiliki keutamaan lainya yaitu sebagai berikut :

  • Kinerja android jadi semakin ringan, tentu dengan kosongnya ram android yang terpakai maka kinerja android baik untuk menjalankan aplikasi maupun untuk produktifitas lainya jadi semakin ringan
  • Android jadi tidak lemot, hal yang paling menjengkelkan seperti lag, lemot dan macet akan semakin diminimalisir seperti yang saya jelaskan di atas
  • Android tidak cepat panas, nah dengan ram kosong otomatis menjalankan aplikasi akan semakin ringan dan hal ini akan mengurangi android cepat panas


Jika kalian sudah membaca manfaat mengosongkan ram di atas, sekarang waktunya untuk membaca tipsnya yang mana agar kalian mudah memahaminya, saya sarankan agar di baca dengan seksama.

Cara mengosongkan ram android yang penuh


# Menghentikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan


Cara yang pertama adalah menghentikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan, karena tentu aplikasi yang berjalan ini akan memakan penggunaan ram sehingga kalian perlu memberhentikanya secara paksa. Apalagi ada beberapa aplikasi yang memakan banyak penggunaan ram sehingga menyebabkan ram penuh.
Cara yang pertama ini sangatlah aman, karena ponsel android yang belum di root pun bisa mencoba tips ini? Lalu bagaimana cara menghentikan aplikasi berjalan secara paksa?
  • Masuk menu pengaturan
  • Aplikasi terinstall
  • Aplikasi sedang berjalan
  • Pilih aplikasi yang diinginkan
  • Paksa berhenti

Tips dari saya pilihlah aplikasi yang berjalan di latar belakang yang juga tidak terlalu berguna sehingga tidak terlalu berefek.

# Uninstall aplikasi yang tidak penting


Banyak sebenarnya aplikasi yang tidak terlalu penting terinstall di hp kalian, maka dari itu menguninstallnya selain bisa mengatasi memori penyimpanan cepat penuh juga bisa membuat ram agak lebih lega.

Cara ini sebenarnya kelengkapan dari cara pertama, jika cara pertama dengan menghentikan secara paksa, cara ini lebih ampuh yaitu dengan menguninstallnya. Berikut cara menguninstall aplikasi android yang benar :

  • Masuk pengaturan
  • Aplikasi terpasang
  • Pilih aplikasi
  • Hapus data terlebih dahulu
  • Copot pemasangan


# Coba Gunakan Aplikasi yang bisa Melegakan RAM


Sesuai dengan penjelasan saya di atas bahwa pada beberapa bulan yang lalu saya sempat membuat artikel tentang solusi hp android yang tidak bisa tambah ram. Nah di postingan saya menyisipkan beberapa pembahasan tentang aplikasi yang bisa melegakan ram, maka bacalah artikel tersebut.

Menggunakan aplikasi untuk melegakan saya rasa adalah tips yang paling mudah daripada tips yang pertama ataupun yang kedua. Karena dengan cara ini hanya tinggal menginstall aplikasi kemudian menjalankanya lalu hanya dengan menekan satu tombol maka aplikasi akan otomatis bekerja.

Nah itulah ketiga cara untuk mengosongkan ram di ponsel android. Cara di atas merupakan cara yang sangat jitu dan banyak dipakai oleh kebanyakan user android karena selain aman dan tidak membahayakan cara tersebut juga tidak memerlukan akses root sehingga tidak ribet.



LihatTutupKomentar