4 Aplikasi Pengecek HDD (Hard Disk Drive) Bad Sector Laptop Terbaik

Hard Disk Drive merupakan komponen yang harus selalu sehat agar komputer bisa bekerja dan berjalan dengan normal dan tidak mwnghambat kinerjanya sehingga perlunya pengecekkan dengan aplikasi atau software.

Mengapa demikian, karena hdd ini fungsinya sangat penting dan vital yaitu sebagai media penyimpanan pada laptop maka tak heran jika komponen komputer yang satu ini perlu di cek tingkat kesehatanya.

kesehatan hardisk bisa mempengaruhi performa komputer sehingga hardware yang satu ini perlu di rawat dengan baik

Aplikasi cek hdd


Seperti halnya kartu memori pada telepon, biasanya hard disk drive ini juga sebagai alat untuk menyimpan file seperti video, audio, gambar, bahkan file dokumen yang mungkin saja penting untuk kamu simpan.

Nah maka dari itu untuk mengurangi rasa khawatir, perlu di cek hard disk drive laptop atau PC anda agar selalu termonitor dengan baik.

Berikut Beberapa Aplikasi Pengecek HDD Bad Sector Laptop


# Check Disk Windows


Aplikasi bawaan ini biasanya sudah bisa langsng di coba tanpa sobat mendownloadnya terlebih dahulu, dan yang terpenting sobat tidak perlu susah payah kehabisan kuota ckckck. Namun yang paling penting adalah ceck dengan cara ini cukup simpel dan mudah.

Untuk melakukan pengecekan hdd dengan Check Disk Windows ini caranya adalah sebagai berikut
Pertama masuk Windows Explorer >> Pilih Disk yang ingin di cek, misal pilih (D:) , (C:) , (E:) >> setelah itu klik kanan >> Pilih Properti >> Tools >> Check Now >> Start. untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.
Check Disk Windows

Cara diatas sangat mudah kan? Namun ada aplikasi lain untuk melakukan pengecekan hdd, sobat bisa menggunakan aplikasi yang akan saya bahas berikutnya.

# HDD Sentinel


HDD Sentinel merupakan software yang berfungsi untuk menganalisa dan memonitor HDD dan SSD dengan cara kerja yaitu mencari, mengetest, mendiagnosa kemudian memperbaiki masalah hardisk.

Software yang satu ini cukup populer dikalangan pengguna komputer atau laptop di indonesia, mengingat banyak sekali yang memasukan software ini kedalam top apps pengecek hdd.

sobat bisa mendownloadnya di situs resminya secara gratis, namun jika ingin versi yang berbayar sobat akan mendapatkan fitur yang lebih profesional. Download HDD Sentinel.

# HDD Regenerator


HDD Regenator merupakan software pengecek hdd bad sector yang cukup bagus, seperti halnya hdd sentinel software ini juga menawarkan versi free nya meskipun fiturnya terbatas.

Bahkan menurut diskripsi karena belum saya coba, software ini tidak menyembunyikan bad sector namun bahkan mengembalikanya.

jika sobat tertarik dan penasaran dengan software HDD Regenerator ini bisa mencoba dan membuktikan sendiri dan mendownloadnya melalui link berikut ini. Download HDD Regenerator.


# HD Tune


HD Tune merupakan HDD/SSD Utility yang berfungsi untuk meningkatkan performa HDD/SSD, Scan Eror dan cek kesehatanya.

Sobat bisa mendownloadnya versi gratis jika hanya ingin mencobanya melalui link ini. Download HD Tune


software di atas sudah cukup untuk melakukan pengecekan kesehatan HDD Bad Sector, semoga artikel di atas bermanfaat untuk komputer kalian.

LihatTutupKomentar