Cara Mengatasi Iklan yang Sering Muncul tiba tiba di Android




Munculnya iklan di smartphone android terkadang bahkan sering mengganggu kita, entah ketika kita sedang melakukan aktivitas penting dengan smartphone kita maupun ketika kita sedang nyantai.
Apalagi sejenis iklan Adware yang sangat menggangu, ditambah lagi dengan iklan berbentuk video yang memakan banyak kuota membuat kita jengkel.

Ada jenis ikan yang tampil ketika kita sedang menjalankan apliklasi saja , misal pada aplikasi chatting BBM  terkadang muncul iklan, kalau yang ini masih kita maklumin itung itung buat pemasukan developernya.

Cara menghilangkan iklan yang muncul di android
gambar via google

Tetapi ada juga developer yang tidak bertanggung jawab yang hanya mementingkan keuntungan dengan memasang iklan sejenis Adware, iklan jenis adware yang sangat mengganggu tiba tiba muncul memenuhi layar, membuat hp kita jadi penuh iklan.

Iklan iklan yang muncul itu bukan datang tanpa sebab, pasti dikarenakan beberapa hal.

Beberapa Penyebab muncul iklan di android secara tiba-tiba :


A. Iklan PUP-UP
Biasanya jenis iklan ini muncul ketika kita menjalankan aplikasi atau aplikasi yang berjalan di background, biasa muncul di aplikasi seperti aplikasi pengunci file, aplikasi pembersih dll. Iklan jenis ini masih cukup mending karena tidak terlalu mengganggu.

B. Iklan Jenis Adware
Jenis Iklan ini sangat mengganggu ,karena muncul tiba tiba dan biasanya muncul dalam jeda waktu yang singkat. Penyebab iklan ini muncul biasanya ketika mendownload aplikasi diluar google play sehingga ada orang yang tak bertanggung jawab menyisipkan iklan jenis ini.

Cara Mengatasi Iklan Yang sering muncul di android secara tiba-tiba

nah untuk kalian pengguna hp xiaomi, saya sudah menyiapkan artikel khusus dengan judul 4 cara menghilangkan iklan di hp xiaomi silahkan baca dan cermati. bagi pengguna hp lain silahkan lanjutkan membaca artikel cara menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba di android ini :

1 .  Menonaktifkan Koneksi Internet


Iklan biasanya berhubungan langsung dengan internet dan koneksi data, maka dari itu salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi iklan yang muncul adalah dengan mematikan koneksi internetnya.
Nsmun menurut saya caraini kurang efektiv, dikarenakan koneksi data merupakan hal yang sangat penting ketika kita akan melakukan komunikasi dengan orang lain melalui aplikasi chatting seperti WA,BBM,Line dll.

Maka dari itu saya menganggap cara ini ampuh untuk menghilangkan iklan namun kurang evektif jika dilakukan terus menerus.


2 . Menghapus Aplikasi


Seperti pembahasan saya di awal , bahwa penyebab munculnya iklan di android adalah dari aplikasi.
Maka yang perlu kita lakukan adalah menghapus aplikasi yang di curigai menimbulkan munculnya iklan.

Kalau iklan jenis pertama (pop-up) aplikasi cukup mudah, yaitu biasanya iklan muncul bersamaan dengan aplikasi terkait, misal kita mendownload aplikasi pengunci file maka iklan tersebut akan muncul ketika kita ingin membuka kunci aplikasi tersebut.

Namun untuk ikla jenis adware, kita perlu mencari aplikasi di manajer apliksi.
Iklan jenis adware ini biasanya muncul dari aplikasi yang diinstall dari luar google play jadi akan cukup mudah kita untuk mengidentifikasinya.
Caranya masuk manajer aplikasi kemudian cari aplikasi yang dicurigai kemudian klik uninstall.


3 . Hard Reset


Pengalaman saya menghilangkan iklan jenis adware dengan hard reset.
Cara ini terpaksa saya lakukan karena saya mencoba dengan cara pertama dan kedua diatas namun gagal, karena kondisi smartphone saya telah diroot sehingga ketika sayagagal  menghapus aplikasi yang menyebabkan iklan jenis adware muncul.

Hard reset tergolong merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan adware namun sebelum kamu melakukan hard reset kamu harus baca dulu Hal hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan hard reset


4 . Pencegahan


Mencegah lebih baik dari mengobati, itulah yang sering kita dengan dari ora orang.
Beberapa cara mencegah adware salah satunya adalah dengan menginstall apliklasi sejenis security , saya sarankan menggunakan 360 security.

Cara kedua adalah jangan kalian suka mendownload aplikasi diluar google play karena ada saja orang yanf tidak bertanggung jawab menyisipkan iklan jenis adware.

Nah itulah ulasan saya tentang mengatasi iklan yang sering muncul di android secara tiba-tiba semoga artikel diatas memberikan manfaat dan wawasan bagi pembaca

LihatTutupKomentar