Solusi Ampuh Kenapa Wifi sering Putus Nyambung di Ponsel Android


jika kalian suka berinternet menggunakan wifi/hotspot pasti kalian pernah mengalami wifi yang sering putus nyambung dan bertanya-tanya kenapa wifi sering putus nyambung?

wifi sering terputus merupakan salah satu problem yang mungkin pernah kamu alami ketika sedang menggunakan jaringan wifi. Tentu hal ini sangat mengganggu kan, apalagi kalian sedang membutuhkan jaringan tersebut untuk keperluan yang penting dan mendesak pasti pikiran langsung emosi.

Tapi tenang, jangan terlalu emosi terlebih dahulu, disini saya akan membahas tentang cara mengatasi wifi yang sering putus nyambung atau sama saja dengan wifi yang sering mati/hidup sendiri.

Solusi Kenapa Wifi sering Putus Nyambung di Ponsel Android



Sebenarnya artikel ini akan lebih tepat jika saya beri judul tips mengatasi wifi yang sering putus nyambung, namun biar terlihat lebih mantap ,maka saya kasih judul sesuai keyword yang lebih banyak di cari. Dan tutorial ini saya dapatkan dari berbagai sumber di internet salah satunya adalah website bincang android. Namun saya tidak mencopasnya, akan tetapi hanya mengambil sedikit kesimpulan saja dan menambah beberapa tips yang saya ketahui.

Namun sebelum mengatasinya, lebih baik sobat membaca penyebab mengapa wifi sering putus nyambung berikut ini :

  • Sinyal Wifi Kurang Bagus
  • Pengaturan yang salah
  • Rom yang Tidak Cocok
  • Hardware HP yang kurang Bagus


setelah mengetahui penyebab di atas dapat disimpulkan bahwa masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda.

Mengatasi Kenapa Wifi Sering Putus Nyambung di Ponsel Android


1# Pastikan Sinyal Wifi yang diterima Bagus


Salah satu penyebab dari sinyal wifi android yang sering putus nyambung adalah jaringan wifi yang tersedia kurang bagus sehingga akan mengakibatkan daya penangkapan sinyal kurang bagus. Lihat kekuatan sinyal wifi di android kalian, jika memang ternyata sinyal wifi yang lema kemungkinan besar kalian akan mengalami wifi yang mati kemudian hidup sendiri atau bahasa gaulnya putus nyambung.

Untuk mengatasi hal semacam ini sebenarnya saya telah membahas tentang berbagai cara memperkuat sinyal wifi android pada postingan beberapa lalu, silahkan baca dengan seksama agar masalah pertama ini bisa terselesaikan dengan baik.

2# Ubah Pengaturan Wifi Menjadi Selalu Hidup/Always ON


Terkadang setelah menjalankan aplikasi yang berhubungan dengan wifi connection pengaturan wifi di ponsel berubah meskipun aplikasinya sudah di hapus. Solusinya adalah dengan menyetelnya ke pengaturan selalu menyala atau always on.  Bagaimana cara mengatur wifi agar always on?

Masuk ke menu pengaturan >> Wifi  >>  Setelan lanjutan atau advanced optional  >> pilih wifi aktif saat tidur
mungkin cara ini sedikit berbeda dengan tipe hp lainya, namun pada ntinya hampir sama.

3# Restart HP Anda


Dengan merestart mungkin ini akan membuat sedikit pembaharuan atau refresh pada kinerja smartphone sehingga wifi pun kemungkinan akan kembali normal. Tidak ada salahnya untuk mencoba tips mengatasi wifi sering putus-nyambung dengan cara ini.

Meskipun cara ini tergolong sangat sederhana namun tips ini bisa saja bekerja guna mengatasi wifi di ponsel android yang tidak konek.

4# Hard Reset


Jika cara di atas tidak bisa terselesaikan cobalah melakukan tips ini yaitu melakukan hard reset. Kenapa hard reset diperlukan? Karena bisa saja ponsel kalian terkena virus malware sehingga hard reset akan menghapus data,pengaturan, bahkan virus yang menempel pada ponsel kalian. Namun ada baiknya sebelum melakukan hard reset bacalah artikel saya hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan hard reset.

5# Ganti Rom/Update Rom

Seperti yang telah saya jelaskan bahwa bisa saja penyebab ini adalah rom yang tidak cocok atau kurang update sehingga hard reset pun tidak mempan.

Jika hard reset sudah dilakukan namun masih tetap bermasalah Bisa jadi rom menjadi faktor kurang maksimalnya kinerja ponsel android sehingga memunculkan bug-bug kecil yang tidak nampak oleh para developer. Mengganti rom disini yang saya maksud ada dua, yaitu :

Stok ROM >> cara ini sangat aman karena sama dengan update system secara resmi. Biasanya di hp xiaomi terdapat rom MIUI yang bisa di update melalui about phone atau menu updater.

Custom ROM >> cara ini bisa saja beresiko karena menggunakan rom unofficial sehingga  meskipun kinerja wifi semakin bagus namun bisa saja banyak bug yang lainya.

Cara di atas merupakan tips dan solusi dari kenapa wifi sering putus nyambung sendiri. Jika ada pertanyaan atau kalian menemukan solusi lain dari artikel yang saya bahas di atas silahkan komentar di blog ini. Semoga berhasil dengan cara di atas dan selamat mencobanya.




LihatTutupKomentar