Cara Agar Laptop Tidak Lemot dan Menjadi Cepat Seperti Baru


Cara Mengatasi Laptop Lemot - Mungkin masalah yang sangat sering terjadi bagi para pengguna laptop maupun komputer adalah lemot yang menyebabkan kinerja kurang maksimal sehingga ini menjadi gangguan tersendiri ketika sedang menjalankan tugas dan lain sebagainya.

Hal tersebut sebenarnya sering terjadi pada laptop dengan spesifikasi rendah yang mana akan terasa sangat berat ketika menjalankan software namun tidak menutup kemungkinan juga laptop spesifikasi tinggi bisa juga mengalami hal semacam ini yang mana salah satu penyebabnya adalah virus.

cara yang saya bagikan ini bisa sobat praktekkan untuk segala jenis laptop baik spesifikasi rendah maupun tinggi, bisa juga semua merek seperti lenovo, acer, asus, dell dan merek lainya.
cara atasi laptop lemot

Tentu saja jika laptop lemot dan lambat maka tahap yang harus di lakukan adalah mengatasinya dengan berbagai cara yang akan saya bagikan di postingan artikel ini sehingg kalian harus membacanya dari awal sampai akhir agar faham.

Cara ini mungkin bisa dilakukan oleh kalian yang menggunakan system operasi seperti windows 7, 8, 10 atau bahkan linux sekalipun dapat mencoba tips yang saya bagikan ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Baik dan Benar


# Uninstall software yang tidak penting


Salah satu penyebab laptop yang sering lemot atau bahkan macet adalah disebabkan oleh banyaknya software tidak penting yang terinstall di laptop kalian, maka solusi pling jitu adalah meng-uninstalnya atau menghapusnya sehingga akan mengurangi beban pada laptop.

Lihat software terinstall di laptop yang jarang di gunakan, jika memang kalian tidak butuh dan tidak di gunakan lagi hapuslah dengan cara yang baik dan benar.

Sehingga kesimpulan di cara pertama ini kalian saya sarankan untuk menginstal software yang penting saja apalagi jika spesifikasi laptop masih sangat pas-pasan.

# Scan Virus


Bisa jadi virus menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat sehingga perlu di scan dan di bersihkan namun untuk artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang cara menscan virus dan membersihkanya.

Saya hanya menyarankan saja agar kalian rajin menscan virus dan menghapusnya dengan beberapa software yang tersedia di internet. Dan ini berlaku juga bagi komputer spek tinggi maupun rendah.

# Bersihkan Junk Files


Cara kedua yaitu seperti halnya di android yaitu membersihkan file sampah atau sisa aplikasi yang biasa membuat laptop menjadi lemot. Nah untuk cara membersihkan jubk file adalah dengan menggunakan software semacam ccleaner.

Silahkan kalian Uduh Ccleaner kemudian install setelah itu jalankan aplikasinya. Aplikasi ini juga memberikan fitur tambahan dan menarik jika kalian upgrad ke pro (berbayar), namun jika kalian hanya ingin membersihkan junk files saja cukup hanya dengan versi gratisanya.

# Upgrade RAM


RAM juga sangat berpengaruh penting dalam kinerja laptop sehingga kemungkinan besar ketika laptop kalian sering macet atau lemot bisa saja ram laptop kalian terlalu kecil untuk menjalankan beberapa software sehingga mengupgrad RAM sangatlah di butuhkan.

Untuk mung-upgrade ram hal pertama yang kalian butuhkan adalah uang karena harus membelinya, kecuali jika kamu dikasih sama teman bisa saja gratis. Hehe becanda. Yang jelas untuk megupgrade ram kalian harus mengetahui jenis ram yang di butuhkan, misal seperti ddr2 atau ddr3. Namun jika kalian belum mengerti bisa membaca artikel tentang cara cek spesifikasi laptop.

# Periksa Hard Disk


Bisa jadi hard disk kamu terlalu penuh karena banyak menyimpan file-file sehingga bisa saja menyebabkan kinerja komputer atau laptopmu menjadi kurang maksimal, saran dari saya silahkan kapasitas hard disk, jika terlalu banyak menyimpan files atau bahkan penuh maka hal yang harus kalian lakukan adalah menghapus file yang tidak penting.

Selain itu kalian juga harus cek kesehatan hdd, namun untuk cara ini belum akan saya bahas, kalian bisa cari sendiri caranya di internet.

# Install Ulang Software


Cara yang terakhir adalah install ulang, karena insyallah dengan cara ini laptop kalian bisa kembali normal dan tidak lemot lagi sesuai ilmu yang saya baca dari internet karena dengan install ulang maka laptop akan fresh seperti dulu saat pertama membeli.

Namun sebelum melakukan install ulang pastikan kamu sudah membackup data penting ke flashdisk atau semacamnya agar aman.

Mengatasi laptop yang lemot merupakan upaya yang sangat diperlukan apalagi ketika kita membutuhkanya untuk keperluan tugas sekolah maupun tugas kantor. Semoga cara yang saya bagikan di atas work dan bisa memberi manfaat kepada pembaca supaya dapat mengerjakan tugas dengan lancar.

LihatTutupKomentar