5 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Ponsel Android


Kartu sim tidak terbaca atau kartu sim terbaca namun tidak ada sinyal adalah suatu problem yang sering dialami oleh pengguna ponsel, mengingat kartu sim sendiri memiliki kegunaan yang sangat penting dalam dunia ponsel.

SIM yang dimaksud disini bukan surat izin mengemudi ya, akan tetapi simcard yang biasa di pakai untuk telpon, sms, internet atau yang disebut dengan Subscriber Identity Module. Ada beberapa operator seluler yang banyak di pakai di indonesia seperti telkomsel, XL, Axiz, Three, Indosat.

Setelah kalian mengetahui tentang sedikit diskripsi dari tulisan saya di atas berarti anda sudah mengetahui maksud dari tema yang akan bahas yaitu cara mengatasi SIMcard atau kartu SIM yang tidak terbaca. Maka dari itu disini saya akan membagikan tips tersebut.

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca


Namun sebelum membaca tips yang akan saya bagikan alangkah baiknya jika kalian mengetahui penyebab simcard tidak terbaca agar pencegahan dan kehati-hatian lebih di utamakan daripada cara mengatasinya. Berikut penyebab simcard tidak terbaca (secara Umum) :
  • Simcard rusak
  • Eror pada hp
  • Masalah pada software
  • Masalah pada hardware

Penyebab tidak terbacanya simcard pada keterangan di atas merupakan gambaran secara umum saja yang biasanya menjadi penyebab utama, lalu setelah mengetahui penyebabnya bagaimanakah cara mengatasi simcard atau kartu sim tidak terdeteksi.

Cara mengatasi simcard Terdeteksi


# Masuk Mode Pesawat


Cara ini merupakan langkah awal yang harus di lakukan yaitu dengan masuk mode pesawat atau airplane mode. Ketika terjadi sedikit eror pada hp kalian cara ini layak dicoba, lalu bagaimana mengaktifkan mode pesawat? Untuk masuk ke mode pesawat cukup dengan mencari menu gambar pesawat.

Setelah mengaktifkan mode pesawat biasanya di tandai dengan munculnya gambar pesawat kecil di atas tampilan, diamkan beberapa menit setelah itu matikan kembali mode pesawatnya dan lihat apa yang terjadi. Jika kartu sim masih tidak terbaca maka ikuti tips selanjutnya.

# Restart Ponsel


Cara ini sebenarnya mirip dengan cara pertama yaitu disebabkan oleh sedikit eror pada smartphone atau hp biasa. Dan cara inimerupakan kelanjutan dari cara pertama. Lalu bagaimana cara merestart hp?

Di android sendiri sebenarnya ada dua cara yaitu langsung dengan memilih menu restart telepone atau reboot. Jika masih bingung coba dengan cara ini : matikan hp, tunggu beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

# Cabut dan Cek Kartu SIM


Pada artikel di atas sudah saya jelaskan bahwa salahsatu penyebab tidak terbacanya kartu sim adalah kerusakan pada simcard, maka dari itu coba lakukan pengecekan pada simcard kalian dengan cara sebagai berikut :
  • Matikan hp kalian
  • Cabut kartu sim dari slot
  • masukkan kembali ke slot
  • hidupkan lagi hpnya


jika cara di atas belum berhasil, coba cabut kartu sim kemudian coba kartu sim di hp lainya, jika memang ternya tidak terdeteksi juga berarti permasalahanya terdapat pada sim kalian yang rusak namun jika terbaca di hp yang lainya kemungkinan software atau hardware yang rusak. Ikuti cara selanjutnya.

# Hard Reset


Ketika kalian telah memastikan bahwa simcard kalian masih normal sesuai dengan pengecekan di atas, kemungkinan kerusakan lainya adalah pada software atau system hp. Ye memang ada dua kemungkinan yaitu software atau hardware nya yang kena. Namun sebelum mengecek hardware coba cek softwarenya, mungkin kerusakan terjadi hanya di software.

Dan cara yang ampuh adalah dengan melakukan hard reset. Namun sebelum melakukan hard reset kalian perlu membaca artikel tentang hard reset di blog ini.

# Kerusakan Pada Hardware


Salah satu penyebab Tidak terbacanya simcard adalah kerusakan pada slot simcard pada hp yang mana ini termasuk kerusakan pada hardware. Kerusakan pada hardware merupakan masalah yang paling tidak di inginkan karena biasanya membutuhkan keahlian. Dan untuk cara yang terakhir ini pun saya tidak bisa mengatasinya dan jalan satu-satunya adalah bawa ke tukang service terpercaya.

Merupakan cara akhir dari yang terakhir adalah membawanya ke tukang service, mengapa demikian? Karena kemungkinan besar kalian belum tahu masalah teknisi ponsel ini jadi saya sarankan untuk membawanya ke tukang servis.

# kesimpulan

Penyebab tidak terbacanya simcard adalah masalah eror pada hp, kerusakan kartu SIM, masalah software, masalah hardware sehingga beda masalah beda pila penangananya. Semoga cara di atas membantu problematika yang sedang kalian hadapi, ingat baca artikel di atas secara urut agar lebih paham dan mudah dimengerti.
LihatTutupKomentar